ARTIKEL AKSI NYATA MODUL 1.4
ARTIKEL AKSI NYATA MODUL 1.4
IMPLEMENTASI
BUDAYA POSITIF DI SEKOLAH
MELALUI KEYAKINAN KELAS
DI SMA NEGERI 3 KOTA JAMBI
Fatkur Rahman, S.Pd
CGP Angkatan 9 Kota Jambi
SMA Negeri 3 Kota Jambi
A. LATAR BELAKANG
Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi,
fenomena krisis karakter sangat memprihatinkan.
Hal tersebut disebabkan perkembangan teknologi memudahkan mereka mengakses
tren budaya luar yang tanpa mereka kaji apakah sesuai dengan budaya
kita atau tidak.
Budaya positif di sekolah ialah nilai-nilai, keyakinan-keyakinan, dan kebiasaan- kebiasaan di sekolah yang berpihak pada murid agar murid dapat berkembang menjadi pribadi yang kritis, penuh hormat dan bertanggung jawab.
Sekolah sebagai institusi pembentukan
karakter pada anak menjadi peluang bagi sekolah terutama
guru sebagai pendidik
dalam membangun budaya positif di sekolah
Sekolah
idealnya menjadi tempat
yang aman dan nyaman bagi murid. Hal ini sejalan
dengan filosofi pemikiran Ki Hajar Dewantara yaitu pembelajaran di
sekolah harus dapat membawa murid memperoleh kebahagiaan setinggi-tingginya melalui merdeka
belajar.
Salah satu cara yang dapat dilakukan dengan membangun budaya positif. Budaya positif di sekolah dapat dibangun dengan membentuk keyakinan kelas dan menerapkan segitiga restitusi. Dengan adanya keyakinan kelas yang disusun Bersama antara guru dan murid, maka semua akan mengupayakan untuk menjalankannya sebagai Langkah awal membangun budaya positif di sekolah. Dan dengan penerapan segitiga restitusi dapat membimbing murid berdisiplin positif agar menjadi murid merdeka.
B. TUJUAN
- Menumbuhkan budaya positif dengan menanamkan nilai kebajikan dan keyakinan dan kesepakatan kelas yang sudah di buat
- Menumbuhkan nilai - nilai Profil pelajar pancasila pada diri peserta didik dalam proses pembelajaran
- Memahami konsep posisi control sebagai pendidik
- Memahami konsep kebutuhan dasar manusia
- Memahami penerapan segitiga restitusi
- Meningkatkan keberanian dan rasa percaya diri murid untuk mengemukakan pendapat mengenai gambaran kelas yang diinginkan
- Menumbuhkan motivasi intrinsik murid
- Mewujudkan pembelajaran yang berpihak pada murid
- Menumbuhkan budi pekerti yang baik (tanggung jawab, disipilin, dan komitmen)
- Mengajarkan murid mencari solusi dari suatu permasalahan
- Peserta didik mampu membuat kesepakatan dan keyakinan kelas sesuai dengan nilai - nilai Profil Pelajar Pancasila
- Peserta didik mampu menjalankan kesepakatan yang telah dibuat dengan penuh tanggung jawab
- Peserta didik mampu menentukan solusi dari permasalahan yang dihadapinya
- Peserta didik mampu menunjukkan perubahan perilaku sebagai pembelajaran atas masalah yang pernah dihadapinya
- Peserta didik dan guru mampu melaksanakan budaya positif (keyakinan kelas dan segitiga restitusi) secara konsisten
- Meminta izin kepada Kepala Sekolah untuk melakukan sosialisasi
- Melakukan sosialisasi kepada warga
sekolah terkait budaya positif, kesepakatan
kelas dan Profil Pancasila
- Menjelaskan pengertian dan manfaat
kesepakatan kelas
- Guru berkolaborasi dengan peserta
didik membuat kesepakatan (keyakinan) kelas
- Menumbuhkan dan menanamkan pembiasaan nilai - nilai Profil Pelajar Pancasila
- Menjadikan kesepakatan kelas menjadi pembiasaan positif dan aksi nyata di kelas atau di lingkungan sekolah
- Memasang keyakinan kelas
- Mempraktikkan segitiga
restitusi
- Menerapkan keyakinan dan restitusi
secara berkelanjutan dan konsisten
- Kerja sama Orang tua di rumah sebagai lingkungan pertama untuk menerapkan budaya positif siswa
- Warga sekolah sebagai teladan dalam menerapkan budaya posistif di lingkungan sekolah
- Sarana dan prasarana yang mendukung untuk menumbuhkan budaya positif di sekola
- Kerjasama Kepala Sekolah, Pendidik, dan Tenaga Kependidikan untuk dapat Bersama-sama berupaya konsisten dalam menerapkan budaya positif
Untuk dapat
terlaksana aksi nyata ini langkah pertama yang kami lakukan adalah kami menyampaikan rencana Diseminasi Budaya
Positif yang diajukan oleh CGP SMA Negeri 3 Kota Jambi. Selanjutnya kami
mempersiapkan kegiatan diseminasi yang meliputi, materi dalam bentuk power point, undangan, daftar
hadir, dan lain – lain. Kami juga melakukan koordinasi dengan tim terkait
diantaranya tim sarana
prasarana, tim multimedia, tim konsumsi, dan lain
– lain. Sasaran Diseminasi Budaya
Positif ini adalah
Bapak Ibu Guru Tenaga Pendidik
dan Kependidikan SMA Negeri 3 Kota Jambi
sejumlah 10 Orang.
Kegiatan Diseminasi Budaya Positif dilaksanakan pada Hari Senin, 21 Oktober 2023 secara Daring yang dihadiri oleh 10 orang. Peserta seminar antusias menyimak materi seminar hingga seluruh materi selesai disampaikan oleh 4 CGP Angkatan 9 dari SMA Negeri 3 Kota Jambi
G. HASIL DARI AKSI NYATA
Rangkaian kegiatan
Aksi Nyata dalam Diseminasi Budaya Positif yang dilakukan oleh CGP Angkatan 9 SMA Negeri 3 ini menghasilkan pemahaman dari pendidik
dan tenaga
kependidikan di sekolah mengenai implementasi Budaya Positif di sekolah, khususnya dalam penyusunan keyakinan kelas dan restitusi. Sehingga akan tercipta pembelajaran yang nyaman dan menyenangkan serta berpihak pada murid.
H. PEMBELAJARAN YANG DIDAPAT DARI AKSI NYATA
Hal yang kami dapatkan dalam kegiatan Diseminasi Budaya Positif adalah
kolaborasi.
Kami CGP dari SMA Negeri 3 Kota Jambi
sebanyak 4 orang terus bekerja sama dan berkolaborasi
untuk dapat terlaksananya kegiatan Diseminasi ini. Yang harapan ke depannya
kami juga dapat berkolaborasi dengan
semua stakeholder sekolah
untuk terus dapat mengimplementasikan
Budaya Positif di sekolah.
Seluruh warga
sekolah harus terus berkolaborasi dalam mewujudkan visi dan misi sebagai
prakarsa perubahan dalam
menguatkan karakter positif
dalam mencetak generasi
yang berjiwa Profil Pelajar
Pancasila
I. RENCANA PERBAIKAN
Rencana saya ke depan
akan terus berinovasi dalam menciptakan pembelajaran yang menyenangkan
dan berpihak pada siswa demi dapat “menuntun” siswa agar dapat berkembang sesuai dengan kodrat alam dan kodrat
zama.
Besar harapan kami akan terus adanya
perbaikan dalam mengimplementasikan Budaya
Positif di sekolah. Kami terus melakukan kolaborasi bersama Kepala
Sekolah, teman CGP SMA Negeri 3 Kota Jambi dan seluruh Bapak Ibu
guru mengikuti pelatihan serta
belajar mandiri dari berbagai sumber terkait pengembangan pembelajaran yang berpihak pada siswa. Serta berupaya
terus dapat mengimplementasikan Budaya Positif di sekolah melalui
keyakinan kelas demi terwujudnya visi dan misi dalam mencetak generasi yang berjiwa
profil pelajar pancasila.
DOKUMENTASI KEGIATAN
PEMBUATAN KEYAKINAN KELAS
Komentar
Posting Komentar