Kelebihan Emas Sebagai Media Investasi


Mendengar istilah investasi dan investor bagi sebagian orang masih terkesan mewah. Identik dengan pandangan kepada modal yang besar ataupun perusahaan besar. mindset seperti ini seharusnya dihilangkan. Investasi tidak harus membutuhhkan modal milyaran atau trilyunan rupiah. Dari modal yang kecil, dari hal-hal sederhana, dari kegemaran, dari gaya hidup bisa menjadi sebuah peluang investasi  yang kedepannya bisa menghasilkan keuntungan besar.
Bagi investor, menginvestasikan uang tentu menjadi hal yang sangat diperhitungkan. Jeli menangkap peluang akan semakin memudahkan investor dalam berinvestasi pada bidang tertentu.  karena menginvestasikan uang bukan sesuatu yang menghasilkan secara instan, maka harus ada pandangan Visioner tentang investasi yang akan dijalankan. Pertimbangan yang matang atas kekuatan, kelemahan, peluang dan tantangan akan sangat dibutuhkan dalam memilih media investasi. Walaupun saat ini sangat banyak pilihan media investasi, Namun ada salah satu dari media investasi yang belum banyak dilirik masyarakat karena kurangnya pemahaman tentang keuntungan jenis investasi ini. Yakni  menginvestasikan uang dengan media  emas batangan atau koin.

Mengapa emas?
Emas termasuk kategori  logam mulia yang banyak diperdagangkan di indonesia dan dunia, Kebanyakan yang diperjualbelikan adalah emas yang berbentuk perhiasan. Pesona emas memang menjadi daya tarik tersendiri bagi penikmat perhiasan emas. Kini, emas tidak lagi sekedar untuk penghias diri saat pesta ataupun aksesori tubuh saja. Kini, emas bisa dimanfaatkan  menjadi media investasi yang menjanjikan.
Emas memang sudah selayaknya mulai menjadi primadona baru dalam dunia investasi. Bagaimana tidak. Dengan perkembangan trend harga emas yang dari hari ke hari terus mengalami kenaikan, ini memberikan kelebihan daripada investasi lainnya. Terlebih bagi investor sering muncul keraguan akan menurunnya nilai mata uang maupun terjadinya inflasi. Hal ini semakin membuka mata masyarakat untuk berinvestasi pada media yang tak terpengaruh oleh mata uang, dan emas adalah jawabannya. Banyak keuntungan yang diperoleh dengan berinvestasi emas, terutama emas batangan ataupun koin. Untuk media Investasi emas tidak membutuhkan ruangan yang besar layaknya investasi besar lainnya. Kemudahan dalam mengelola emas, pada investasi emas investor tidak memerlukan pengelolaan yang besar selayaknya sebuah perusahaan. Pengelolaannya bisa dilakukan hanya dengan satu orang untuk asset yang besar. Emas dari nilainya tidak tergerus oleh waktu, relatif stabil bahkan akan bertambah dari waktu ke waktu, sehingga bagi investor tidak perlu mencemaskan penurunan nilainya. Selain itu, nilai emas tidak terpengaruh oleh keadaan nilai mata uang suatu negara, nilai emas ada pada emas itu sendiri. Secara bentuk, emas tentu memiliki nilai yang lebih nyata dibanding dengan investasi uang. Bagaimanapun uang tetaplah berbeda dengan emas,  emas batangan/koin memiliki nilai yang tak hanya dari Ekstrinsik tetapi juga dari segi Intrinsiknya. Berbeda dengan uang yang bernilai secara Ekstrinsik tetapi dari Intrinsiknya hanya berupa kertas. Sebagai aset investasi emas memiliki kemudahan dalam mencairkannya menjadi uang. Karena sifat emas yang Liquid. dimana saja, emas sangat mudah diperjual belikan tanpa bergantung akan keadaan apapun. Cuma yang terpenting ketika akan bertransaksi adalah memahami harga emas di Pasaran. Dan yang lebih menguntungkan dari investai emas adalah kebebasan pajaknya. Karena di Negara Indonesia, Emas batangan/koin termasuk kedalam komoditi Produksi Bebas Pajak. Sehingga ini sangat menguntungkan asset investor. Dengan menginvestasikan uang pada emas batangan atau koin maka resiko kerugian kedepannya sangat rendah,  berbeda dengan investasi lainnya yang lebih beresiko.
Saat ini Sudah banyak Bank-Bank ataupun Perusahaan-Perusahaan yang memfasilitasi kepemilikan emas. Salah satunya adalah PT. Pegadaian (Persero), PT Pegadaian memiliki layanan yang secara langsung menangani masalah emas, yakni Program Mulia. program ini memberikan kemudahan bagi masyarakat yang ingin memiliki ataupun berinvestasi emas batangan, baik secara tunai maupun angsuran. Keberadaan kantor-kantor cabang PT Pegadaian yang tersebar di tempat-tempat strategis, lebih memudahkan untuk dijangkau masyarakat. Sejalan dengan mottonya, ‘Mengatasi Masalah Tanpa Masalah’ Pegadaian sangat pas untuk menjadi mitra sekaligus menjawab kebutuhan masyarakat yang ingin berinvestasi emas batangan. Sebagai Badan Usaha milik Negara (BUMN) PT. Pegadaian tentu menjamin kelangsungan investasi. Sehingga investor tidak perlu ragu berinvestasi di PT. Pegadaian.
Walaupun pada hakikatnya setiap investasi pasti mempunyai celah dan kelemahan, namun dengan pertimbangan beberapa hal diatas, sulit rasanya menolak jika emas adalah media terbaik untuk berinvestasi. dengan berinvestasi melalui media  emas batangan/koin saatnya mewujudkan masa depan yang lebih baik.

Komentar

  1. Thanks infonya. Oiya ngomongin investasi emas, ternyata sekarang ada loh investasi emas yang inovatif banget dan menguntungkan. Kalo temen-temen penasaran bica cek di sini: cara inovatif investasi emas

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Profil 'si cantik' Nozomi Sasaki